Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Regulasi Respirasi

Pusat pernafasan terdiri dari gugus neuron yang tersebar luas, berdasarka fungsi dipisahkan menjadi 3 area, yaitu:
  1. Medullary rhytmicity area dalam medulla
  2. Pneumothaxic area dalam pons 
  3. Apneustic area dalam pons
Medullary rhytmicity area
Area ini memiliki fungsi untuk mengendalikan irama dasar respirasi. Pada keadaan istirahat, biasanya inspirasi berlangsung selama dua detik dan ekspirasi selama tiga detik, ini adalah irama dasar respirasi. Pada awal ekspirasi, area inspirasi tidak aktif, tetapi setelah tiga detik, tiba-tiba ia aktif secara otomatis. Impuls saraf dari area inspiratori aktif berlangsung selama dua detik dan terus ke otot-otot inspirasi. Impuls mencapai diafragma melalui saraf frenikus dan otot-otot interkostalis eksternal melalui saraf interkostalis. Selama derajat ventilasi tinggi diduga impuls dari area inspiratori menggiatkan area ekspiratori. Impuls yang dialirka melalui area ekspiratori menyebabkan otot-otot interkostalis internal dan abdominalis berkontraksi yang menyusutkan volume rongga dada.
Pneumatiaxic Area
Area ini ada di bagian atas pons, yang terus menerus mentransmisi impuls penghambat ke area inspiratori. Pengaruh impuls ini menutup area inspiratori sebelum paru-paru terlalu penuh oleh udara. Dengan kata lain, impuls membatasi inspirasi sehingga memudahkan ekspirasi.
Apneustic Area
Area ini berada di bawah pons yang mneyampaikan impuls ke area inspiratori yang menggiatkan dan memperpanjang inspirasi, sehingga menghambat ekspirasi. Ini terjadi bila pneumotaxic area tidak aktif.

Sumber: Soewolo. 2005. Fisiologi Manusia. Malang: UM Press.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar