Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Bumi Purbakala dan Asal Mula Kehidupan


PENGANTAR SEJARAH KEHIDUPAN
Kehidupan di Bumi bermula antara 3,5 dan 4 milyar tahun silam. Bumi terbentuk 4,5 milyar tahun silam. Bukti-bukti kehidupan yang tertua tersedia adalah isotop karbon yang berasal dari sel yang ditemukan dalam batuan berumur 3,8 milyar tahun. Fosil tertua berumur 3,5 milyar tahun. Selama hampir 4 milyar tahun sejarah kehidupan di Bumi ini, sejarah geologis dan biologis berhubungan erat satu sama lain.
EVOLUSI KIMIA PRABIOTIK DAN ASAL MULA KEHIDUPAN
Sel pertama mungkin berasal dari evolusi kimiawi pada Bumi yang masih muda. Salah satu hipotesis mengenai asal mula kehidupan didasarkan pada evolusi kimiawi protobion, yaitu droplet molekuler yang dihasilkan secara abiotik dengan karakteristik kimiawi yang jelas berbeda.
Sintesis abiotik monomer organik merupakan suatu hipotesis yang dapat diuji. Percobaan laboratorium yang dilakukan dengan kondisi yang menyerupai lingkungan Bumi primitif telah menghasilkan molekul organik yang beragam dari precursor anorganik.
Simulasi kondisi Bumi primitive di laboratorium telah menghasilkan polimer organik. Molekul organik kecil akan mengalami polimerisasi saat molekul-molekul itu dipekatkan pada pasir, batu, atau tanak liat panas.
Protobion dapat terbentuk dengan penggabungan sendiri. Molekul organik yang disintesis di laboratorium telah secara spontan bersatu menjadi berbagai ragam droplet-koaservat, mikrosfer, dan liposom- dengan beberapa ciri yang berkaitan dengan kehidupan.
Kemungkinan RNA merupakan bahan genetik yang pertama. Gen pertama yang kemungkinan telah dihasilkan secara abiotik adalah RNA, yang urutan basanya berfungsi sebagai cetakan untuk penyusunan asam amino dalam suatu bentuk primitive replikasi sendiri. Saat informasi genetik tergabung ke dalam ruangan-ruangan yang terbungkus dalam membrane, protobion tersebut tentunya akan mendapatkan heritabilitas dan kemampuan untuk berkembang sebagai suatu unit.
Asal mula informasi herediter membuat evolusi Darwinian menjadi mungkin. Transisi dari suatu dunia RNA ke dunia DNA, prasyarat untuk evolusi Darwinian yang sesungguhnya, kemungkinan dimulai dengan RNA yang berfungsi sebagai cetakan tempat nukleotida DNA disusun.
Perdebatan mengenai asal mula kehidupan sangat banyak. Para peneliti terus berdebat mengenai cara dan tempat kehidupan berasal. Tiga pandangan alternative menggali sintesis abiotik molekul organik pada Bumi versus melalui meteorit, gen RNA versus molekul yang lebih sederhana yang bereplikasi sendiri, dan asal mula kehidupan dalam suatu air dangkal versus lubang di laut dalam.
GARIS KETURUNAN UTAMA KEHIDUPAN
Penyusunan keanekaragaman kehidupan menjadi taksa tertinggi merupakan suatu pekerjaan yang sedang berlangsung. Sistem lima kingdom tradisional mengklasifikasikan organisme sebagai Monera, Protista, Plantae, Fungi dan Animalia.

Sumber: Campbell, Reece-Mitchell. 2003. Biologi Jilid 2.  Jakarta: Erlangga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar